Windows devices portal adalah sebuah feature yang dihadirkan untuk mengelola IoT dalam sistem operasi Windows 10. Feature yang mungkin bagi sebagian user belum begitu mengenalnya, feature ini bisa sebagai alam untuk memonitor konfigurasi client secara remote dalam sebuah jarainga LAN anda.



Bisa dibayangkan dengan mengaktikan WDP (Red: Windows Devices Portal) anda tidak perlu report-report membuka Remote Desktop karena memonitor perangkatnya cukup hanya dilakukan melalui browser kesayangan Anda.

Sebagai gambaran, melalui WDP ini anda bisa melihat proses sistem, file explore, debuging, device manager, dll. Sehingga menurut saya ini feature yang sangat membantu bagi System Administrator atau Support Troubleshooter dalam memonitor beberapa aplikasi / user yang sedang dikembangkan.

Untuk mengaktifkannya sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Akses halaman Setting (Pengaturan) Windows 10 anda (Win + I)

2. Klik menu Update & Security
3. Klik menu sebelah kiri For Developer

4. Ceklis bagian Turn on Remote diagnostic dan Auth (Agar tidak sembarang orang bisa masuk ke WDP)
5. Akses url dan port yang diberikan oleh WDP ini. (Kalau di LAN bisa diakses sesuai dengan ketentuan LAN anda, dan bila memakai IP Public bisa otomatis diakses dimanapun dan kapanpun.

Nah sampai disini mudah kan, cara menggunakan Windows Device Portal sebagai alat untuk membantu mendiagnosa komputer dengan jarak jauh.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top