Pasca pengumuman peluncuran apple produk awal september lalu dan disampaikan bahwa update iOS 11 akan direlease tanggal 19 September 2017. Dan ternyata iPhone 5s menjadi iphone versi terbawah yang akan mendapatkan update ke iOS 11.

Tanggal 19 September saya tunggu dan ternyata belum ada juga notif update ios setelah searching ternyata 19 september adalah tanggal di US sedangkan penggunaan waktu di Cupertino GMT -7 sedangkan di indonesia GMT +7 dan mungkin ini yang menjadi alasan notif iOS di indonesia terlambat satu hari tiba tanggal 20 September.

Update ke ios 11 pun dilakukan kebetulan iphone yang coba saya update jenis iphone 5s karena besar file update mencapai 1.85 GB saya sarankan untuk update melalui itunes di PC atau Mac anda ini untuk jaga jaga jika package yang korup.

Proses download (asusmi koneksi > 5 Mbps) dan update kurang lebih memakan waktu 2 Jam dan sebelum update pastikan baterai iphone anda minimal 80%.

Hal yang pertama menurut saya keren dan simple adalah saat swift dari bawah ke atas, semua kontrol disatukan dalam satu page dan ini jauh berbeda ketika di ios sebelumnya harus swift ke kiri dan switf ke kanan untuk mengontrol seperti wifi, airplane mode, dll.

Dan yang gak ada dalam ios sebelumnya adalah cara mematikan koneksi data mobile, diversi 11 ini disertakan juga.

Selain itu ada yang baru yaitu feature SOS, feature ini digunakan untuk mengirim notifikasi ke satu atau leboh nomor telp di kontak yang telah ditentukan melalui menu aplikasi Health. Feature ini akan berfungsi ketika tombol power ditekan 3 kali.

Selain dari feature diatas yang gak kalah penting adalah disediakan feature untuk password manager, feature ini bermanfaat untuk mengelola username sekaligus password (tanpa install Apps pihak ketiga) yang disimpan dalam iphone dan diproteksi dengan Touch ID / passcode ketika ingin membukanya, ya feature ini berguna bagi yang sering lupa dan punya banyak info login ke berbagai situs.

Feature yang mungkin saya anggap terobosan tapi sekaligus membuka proteksi adalah disediakanya pengelola file di ios 11 ini secara langsung, versi sebelumnya kita harus install aplikasi pihak ketiga untuk mengelola file ini, namun sekarang sudah disediakan pengelola file seperti yang ada dalam Android.

Namun yang saya herankan adalah di versi ios 11 ini ketika kita browse photo di iphone melalui PC bisa secara langsung dihapus, beda halnya dengan versi yang lama hanya bisa mengkopi photo tanpa bisa menghapusnya.

Kemudian ternyata ios 11 di iphone 5s masih terdapat bugs, ketika kita mematikan bluetooth melalui menu control centre (swift dari bawah ke atas dan pastikan icon bluetooth nya menjadi redup) ternyata pas kita periksa status bluetooth melalui pengaturan (settings) status nya masih menyala.

Nah demikian review singkat dari ios 11 di iphone 5s ini mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment

 
Top