Sekarang adalah era dimana segala data apapun disimpan di awan (cloud), tak heran jika bisnis di layanan ini mejamur berbagai perusahaan rintisan dan yang sudah menjadi pemain tetap dalam bisnis internetpun tidak mau kalah untuk bermain & bersaing dalam bisnis komputerisasi awan (cloud computing).

Dengan hadirnya layanan raksasa perusahaan ini hadir di cloud computing, tak ayal banyak perusahaan rintisan tenggelam kalah bersaing. Namun dari sekian banyak layanan komputerisasi awan, tahukah kamu perusahaan apa dan apa nama-nama layanan cloud computing raksasa kelas dunia?

Nah berikut saya share beberapa layanan cloud computing raksasa dunia yang pernah saya cobain untuk belajar.

AWS - Amazon Web Service

Adalah layanan cloud dari perusahaan Amazone, kalian sudah tidak asing lagi kan siapa itu Amazone? banyak perusahaan-perusahaan dunia menggunakan layanan ini untuk digunakan dalam solusi IT mereka termasuk banyak perusahaan indonesia yang menggunakan layanan AWS ini untuk keperluan automatisasi system dengan tingkat pemrosesan data sangat tinggai seperti group EMTEK.

Dalam AWS ini banyak sekali kategori cloud computing yang mereka tawarkan, dan jika dipelajari dan dimuat kedalam SKS tidak akan selesai 3 tahun, saking banyaknya service / tools yang disediakan.

GCP - Google Cloud Platform

Google pun sebagai pemain lama di bisnis internet tidak mau ketinggalan, perusahaan raksasa ini dikenal sebagai perusahaan yang sangat agresif dalam mengembangkan bisnis di bidang teknologi.
GCP hadir sebagai layanan komputasi digital untuk memanjakan pengelolaan teknologi informasi mereka secara awan & realtime.


Azure

Azure adalah layanan cloud computing yang ditawarkan oleh raksasa perusahaan teknologi yang tidak asing lagi ditelinga kita Microsoft, karena lebih dari separuh pengguna komputer didunia menggunakan sistem operasi Windows.

Mungkin alasan diatas juga Microsoft ikut menawarkan solusi komputasi awan mereka, namun Azure ini baru digarap lebih serius tatkala kursi CEO ada di tangan Satya Nadela.

Nah, dari ketiga raksasa cloud computing tersebut, satu sama lain banyak produk yang sama mengingat cloud komputing konespnya sederhana. Membangun insfrastuktur hardware dan software secara hybrid dan virtual yang dibangun didalam satu atau lebih layanan mesin secara terpusat. Ada beberapa kesamaan layanan meskipun ada beberapa layana yang berbeda itu hanya nilai tambah dalam mengatasi persaingan diantara mereka, dalam cloud computing tidak jadu dari:

Computing
Layanan utama ini adalah virtual komputing atau yang lebih populer disebut dengan VPS (Virtual Private Server) yang bisa dikostumisasikan sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Storage
Layanan untuk penyimpanan file-file penting yang memerlukan space dan kecepatan akses tinggi, biasanya digunakan untuk menyimpan file CDN (Content Delivery Network) agar server utama khususnya web tidak ikut terbebani.

Databases
Tidak jauh dengan namanya dalam layanan ini biasanya disediakan beberapa database server yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, dengan layanan ini mereka menawarkan ketersediaan penyimpanan data yang sangat aman dan ringan.

BigData
Istilah ini mungkin bagi para analyst data tidak asing lagi, ketika data perusahaan sudah tidak lagi dalam hitungan giga, maka diperlukan mesin / server yang bisa menampung dan mengolah query secara cepat dan akurat. Solusi BigData (Data Warehouse) akan sangat membantu kita dalam melakukan querys dengan hanya hitungan detik tanpa memikirkan spek hardware fisik yang dibutuhkan.

Networking
Layanan ini tidak jauh berbeda dengan sistem kerja router / internet gateway dengan adanya system ini, semua layanan yang masuk dan keluar ke instance kita akan mudah dikontrol secara virtual dalam satu kontrol panel.

Developer Tools
Bagi anda sebagai programming / devops, wajib mempelajari kategori ini karena akan membantu pekerjaan anda dalam mendeploy, debuging & monitoring aplikasi kamu di server dengan mudah.

Machine Learning
Sebenarnya ini yang menjadi daya tarik sendiri dari layanan cloud computing ini, ketika kita membutuhkan data dengan kriteria tertentu yang didapat dari bigdata bisa diproses secara otomatis dengan bantuan machine learning ini, biasanya sh layanan ini tidak jauh dari konsep IoT (Internet of Think).

Price
Untuh harga hati-hati karena harganya dihitung per jam per jumlah layanan yang kita gunakan, namun meskipun harganya mahal sebanding dengan kualitas dan dukungan dari masing-masing provide baik dari Amazone, Google dan Microsoft.

Post a Comment

 
Top