Sebelum tulisan ini dimuat, penulis mengalami kesulitan dalam memperbaiki Andorid, awalnya android bootloop (loading logo). Daripada dibawa ke tukang service mending cari cara via internet lebih-lebih ada nilai manfaatnya yaitu ilmu untuk memperbaiki Smartphone android yang rusak akibat error software :-).

Oke kita mulai ya.. dalam kasus ini penulis menghadapi masalah ketika ingin mengotak atik android merek Local yang diproduksi di china. Sebelum anda berlanjut pada flash ROM anda harus mengambil atau membuat Scratter file sesuai dengan tipe dan Chipset andorid anda, file ini diperlukan untuk:
  1. Mencari stok ROM yang sesuai dengan tipe smartphone anda
  2. Sabagai backup jika terjadi kegagalan dalam menginstall ulang sistem android anda (nge-Flash).

Untuk smartphone China dengan tipe cipset MT-65xx anda bisa menggunakan beberapa tools untuk ngroot HP anda. Salah satunya adalah Root Genius.

Adapun langkahnya adalah:
  1. Persiapkan HH yang akan di root
  2. Setting HH ke Mode USB Debuging, melalui menu Setting / Pengaturan -> Developmen / Pengemabang dan ckelist bagian USB Debuging.
  3. Unduh MTK Root Genius (Mediatek root tools) melalui http://www.mtksj.com/ atau klik disini untuk mengunduh disesuaikan dengan tipe HH anda. Kenapa saya saranin pakai tools ini karena sebagian HH China tidak support dengan Frameroot yang diinstall melalui APK.
  4. Jalankan MTK Toolsnya.
  5. Colokam USB ke HH anda dan pasangkan ke PC / Laptop yang sedang menjalankan MTK Root Genius.
  6. Tunggu hingga MTK Root Genius mendeteksi HH anda, jika sudah terdeteksi silahkan klik tombol Root.
  7. Tunnggu proses rooting hingga selesai, jika proses root berhasil maka akan ada konfirmasi sukses.
  8. Reboot HP anda
Selamat HH anda sudah berhasil di root.

Post a Comment

 
Top