Ada banyak pemula yang kebingungan dalam mengurus proses pembuatan sebuah website, saya sengaja memberikan tips dalam mengurus dan membuat website mulai dari menghitung biaya sampai proses publikasi website. Sebenarnya dalam proses pembuatan dan pembelian website ada beberapa unsur.
1. Domain
Domain ini diperlukan dalam proses pengalamatan halaman website anda. Domain ada yang berbayar dan ada yang gratis (free).
Untuk domain berbayar biayanya dihitung minimal pertahun serta harganya berbeda beda sesuai dengan level domain.
Seperti contoh :
.com Rp. 99.000
.net Rp. 99.000
.org Rp. 99.000

Sedangkan untuk domain yang gratis adalah bebas biaya seperti
.co.cc
.wordpress.com
.blogspot.com

Untuk pembelian domain yang kita inginkan tidak bisa seratus persen sesuai dengan nama yang kita inginkan karena bisa saja namadomain yang kita inginkan telah dipakai atau dibeli oleh orang lain. Jadi persiapkan beberapa daftar alternatif nama domain yang kita inginkan jangan hanya terpaku pada satu nama domain saja. Contoh:
Kita ingin nama domain www.detik.com past kita tidak bisa memakia domain tersebut karena sudah ada yang memakai. Untuk pengecekannya silahkan anda buka commanline (CMD).
Ketik: nslookup [enter]
kemudian ketik nama domain yang kita inginkan
contoh:
namadomain.com [enter]
Jika ada reply seperti ini : *** UnKnown can't find kampusmen.us: Non-existent domain
berarti domain bisa dibeli dan digunakan oleh kita.
akan tetapi jika ada reply seperti ini:
Non-authoritative answer:
Name: detik.com
Addresses: 2402:a000:0:1::100
203.190.241.43
203.190.242.69

berarti domain tersebut sudah ada.

2. Hosting
Hosting adalah ruang penyimpanan file website yang akan dipublikasikan. Hosting ini layaknya flasdisk atau hardisk. Hosting ada yang berbayar dan ada juga yang gratis (free). Hosting biayanya dihitung perbulan sesuai dengan kapasitas yang dipakai oleh kita.
Contoh:
Hosting 100 MB Rp. 15.000 per bulan
Hosting 200 MB Rp. 20.000 per bulan

3. Website
Website adalah dokumen yang akan kita pakai untuk publikasikan kebutuhan informasi kita. Website pun ada yang free dan ada yang berbayar. Apa bedanya yang berbayar sama yang gratis?
Website yang berbayar itu adalah website yang dari mulai design sampai pemeliharaan dilakukan sesuai dengan keinginan kita dan memiliki pasilitas dukungan teknis dari pihak pembuat (developer). Harga pembutan website bervariasi mulai dari Rp. 230.000 sampai dengan Rp. 25.000.000 Keatas. Biasanya kami (studionet) memberikan paket harga untuk pembuatanya, untuk harga bisa anda cek di http://kampuskita.us/price.

Untuk website yang gratis ada banyak pilihan seperti multiply, blogger, wordpress, joomla, blogdetik, dll. akan tetapi pasilitas tidak bisa seprti yang kita inginkan.

4. Biaya Maintenance
Biaya ini jika mulai upload, maintenance dan setting website sampai online dilakukan denga orang lain (developer). Biasanya biaya antara Rp. 100.000 keatas.

Jadi dari penjelasan diatas untuk gambaran harga bisa dikalkulasikan seperti ini:
Pembelian domain .com per tahun Rp. 99.000
Pembelian Hosting 200 MB 12 bulan Rp. 240.000
Biaya pembuatan website ecommerce Rp. 1.200.000
Biaya setting dan upload Rp. 150.000
--------------- +
Rp. 1.689.000

Nah gambaran pembuatan eccomerce dengan tampilan disertai animasi sebesar itu. Tahun berikutnya anda hanya wajib membayar jumlah pembelian domain dan hosting, sedangkan biaya maintenace bersifat optional jika anda tetap akan memakai jasa kami dalam proses maintenace dan monitoring website anda jika terjadi error atau perbaikan. Perlu dicatat bahwa harga domain dan hosting selau berubah ubah sesuai dengan kondisi pasar terutama nilai tukar rupiah terhadap dollar. Jadi tahun berikutnya hanya membayar:

Pembelian domain .com per tahun Rp. 99.000
Pembelian Hosting 200 MB 12 bulan Rp. 240.000
--------------- +
Rp. 339.000

Mudah mudahan penjelasan ini bisa sedikit membantu.

Salam sukses,
studioNET
Jl. KH. M. Usman Kukusan Beji Kota Depok
Jawa Barat - Indonesia
www.studionetid.com | studionetid@yahoo.com

Post a Comment

 
Top