Windows explorer mungkin tidak asing lagi ditelinga kita, aplikasi ini merupakan tujuan utama ketika anda ingin membuka dan mencari file yang ada di komputer dengan memakai Operating System Windows. Tidak halnya dengan istilah FTP (File Transfer Protocol) protokol ini biasa digunakan untuk proses unggah dan unduh suatu file ke web server, kebanyakan orang awam yang menggunakan aplikasi ini cenderung terpaku hanya dengan menggunakan suatu aplikasi yang disebut dengan FTP client seperti yang populer digunakan adalah FileZilla, Bittorent Client, SCP dan lain - lain.

Kali ini saya akan berbagai tips jika anda ingin mengupload sebuah file ke webserver dengan aplikasi terbatas dan harus menggunakan aplikasi apa adanya, dalam tips ini kita menggunakan aplikasi Windows Explorer. Persiapan yang harus butuhkan adalah:

1. Alamat URL FTP yang dituju.

2. Username dan Password FTP

3. Buka Windows Explorer 2 Jendela (Biar anda tidak bingung.

Jika persiapan diatas sudah lengkap mari ke cara selanjutnya:

1. Buka windows explorer yang satu kemudian di kolom alamat path diatas ketikan: ftp://namadomain.com kemudian tekan enter.

2. Masukan username dan password FTP di jendela munculan



3. Jika berhasil maka tampil halaman seperti dibawah ini



Jika tampilan ini muncul tinggal pilih atau klik deh lokasi polder tujuan dari file yang akan dikirim. Nanti halaman tujuan folder akan tampil. Langkah selanjutnya buka jendela Windows Explorer yang kedua cari file yang akan dikirim kemudian pilih tekan Ctrl+C atau klik kanan terus pilih Copy.

4. Buka kembali jendela Windows Explorer pertama yang sedang berada di lokasi folder tujuan. Klik kanan diarea folder nya kemudian klik kanan pilih paste. Jika berhasil tampil jendela progress seperti dibawah ini.



Tunggu proses penguploadan file, ambil gelas kopinya terus ngopi dulu deh..! sampai disini tips kali ini mudah mudahan bermanfaat.

Post a Comment

 
Top